Latest Free Templates

ANEEZ
Widget By: Forantum

Jumat, 20 Agustus 2010

Penculikan Anak Berujung Penjualan Organ Tubuh



Serang - Maraknya akhir ini kasus penculikan bayi dan anak sering dikaitkan dengan dugaan perdagangan organ tubuh, seperti ginjal, kornea mata, hati, dan jantung. Kendati demikian, isu tersebut masih perlu ditelusuri lagi kebenarannya.




Seperti diberitakan MetroTV :
Diduga Penculik Anak, Seorang Pemuda Diamuk Massa
Headline News / Nusantara / Jumat, 20 Agustus 2010 04:10 WIB
Metrotvnews.com, Serang: Warga Desa Susukan, Kecamatan Pontang, Serang, Banten, menghakimi seorang pemuda yang diduga sebagai penculik anak-anak. Korban mengalami luka parah, bahkan sekarat.

Aksi main hakim warga bermula saat korban berkeliaran tanpa identitas. Warga kian curiga. Sebab, korban lari saat didekati. Hingga Jumat (20/8) dini hari, warga masih mengepung Markas Kepolisian Sektor Pontang, meski korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Serang.

Tindakan warga dipicu isu adanya pelaku penculikan yang tengah mencari korban, khususnya anak-anak. Isu itu cepat menyebar melalui pesan singkat via ponsel yang mengaku dari polisi. Sejauh ini korban, yang belum diketahui identitasnya itu, masih kritis.(RAS)



Organ tubuh yang diperdagangkan tersebut tentu berkaitan dengan dunia kedokteran, karena sejumlah negara di Asia dan Eropa telah berhasil melakukan transplantasi organ tubuh seperti kornea mata, hati dan ginjal.

Di bidang kedokteran sendiri, transplantasi hati merupakan salah satu penemuan besar dibidang kedokteran modern dengan sejumlah prosedur yang cukup ketat yang sudah ditetapkan dipatuhi.

Kriteria minimal untuk para calon kasus transplantasi hati telah disusun oleh "American Society Of Liver Transplantation", sehingga transplantasi tidak boleh dilakukan sembarangan.

Dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi Jember, dr H. Hudoyo Sp.PD, mengatakan, seseorang yang mengalami kerusakan ginjal atau hati, bisa melakukan transplantasi untuk mempertahankan hidupnya.

"Seiring dengan kemajuan teknologi di bidang kedokteran, seseorang bisa mendapatkan donor ginjal atau hati, namun di Indonesia hal itu masih sedikit," ucapnya mengungkapkan.

Sejauh ini, ada dua kategori donor organ tubuh yakni organ tubuh dari seseorang yang hidup dan dari seseorang yang sudah meninggal.

"Hingga kini, banyak masyarakat yang menentang pengambilan organ tubuh dari jasad manusia. Hal itu bertentangan dengan ajaran agama dan budaya yang menjadi alasan utama masyarakat untuk menolak pengambilan organ tubuh dari jasad," ujarnya.

Di Indonesia tidak semua rumah sakit bisa melaksanakan transplantasi sejumlah organ tubuh karena keterbatasan sarana kesehatan dan tenaga medis yang menguasai hal tersebut.

"Beberapa rumah sakit yang pernah melakukan transplantasi organ tubuh antara lain Jakarta, Surabaya, Malang, Semarang, dan Yogyakarta," tutur pria bertubuh kekar ini.

Di kota-kota besar tersebut biasanya ada pendonor yang bersedia memberikan organ tubuh kepada seseorang, namun sebagian besar pendonor dengan penerima donor organ tubuh masih memiliki hubungan keluarga.

"Jumlah masyarakat yang membutuhkan organ tubuh tidak sebanding dengan jumlah pemberi donor, sehingga kemungkinan praktek jual beli organ tubuh tetap ada," katanya menegaskan.

Di dalam kedokteran, kata dia, praktek jual beli organ tubuh dilarang secara moral dan bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan.

"Tidak dibenarkan seorang dokter melakukan operasi cangkok ginjal dengan menggunakan ginjal hasil jual beli organ tubuh manusia," ucap anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Jember ini.

Beberapa kasus perdagangan organ tubuh, kata dia, justru marak dilakukan warga Indonesia di Singapura dan Malaysia, dengan korbannya tenaga kerja Indonesia (TKI).

"Saya belum pernah mendengar jual beli organ tubuh di Indonesia, namun kabarnya warga Indonesia melakukan praktek perdagangan organ tubuh di Singapura dan Malaysia," ujarnya.

Padahal, tidak semua organ tubuh pendonor tersebut cocok dengan penerima donor, bahkan sebagian operasi gagal dan menyebabkan penerima donor meninggal dunia. Ada penolakan secara otomatis dari tubuh penerima donor, apabila organ tubuh yang didonorkan tidak cocok dengan tubuh penerima donor.

"Transplantasi hati atau ginjal bisa dikatakan berhasil, apabila hidup penerima donor organ tubuh itu bisa bertahan lebih dari lima tahun." tuturnya.
 
Diperbolehkan

Ketua PCNU Jember, Abdullah, mengatakan, secara agama pengambilan organ tubuh manusia diperbolehkan, asalkan tidak menimbulkan kemudharatan bagi si pendonor dan penerima dengan tujuannya untuk kemanusiaan.

"Mendonorkan organ tubuh secara moral diperkenankan dengan persyaratan-persyaratan tertentu, namun tidak boleh dilakukan secara komersial" kata ulama yang akrab disapa Gus Aab ini.

Dari sisi agama, mendonorkan sesuatu adalah perbuatan yang mulia. Apalagi hal itu bisa menyelamatkan nyawa manusia, asalkan tidak membuat pendonor memiliki risiko tinggi pada kematian.

"Sebagian orang memang rela untuk mendonorkan beberapa bagian organ tubuhnya dengan misi kemanusiaan, asalkan tidak ada kemudharatan yang akan diterima pendonor atau penerima donor," paparnya.

Seiring perkembangan zaman, terkadang manusia memiliki sifat serakah dan materialistis, sehingga apa pun bisa diperdagangkan, tak terkecuali organ tubuh manusia.

"Penjualan organ tubuh dilarang keras oleh agama Islam atau haram hukumnya karena hal tersebut bertentangan dengan nilai-nilai ajaran agama Islam," tuturnya menegaskan.

"Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna karena memiliki akal dan pikiran, sehingga perbuatan menjual organ tubuh manusia adalah perbuatan yang sangat tidak manusiawi," ujarnya menegaskan.

Biasanya yang paling marak donor organ tubuh adalah donor mata dan ginjal, namun jumlah pendonor organ tubuh sangat sedikit dan tidak sebanding dengan pihak yang membutuhkan organ tubuh tersebut.

Kondisi seperti itu memicu manusia untuk bertindak diluar kewajaran, sehingga melakukan praktek ilegal untuk memperdagangkan bagian organ tubuh.


 
Sementara itu, Pengamat Sosial dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember (Uned), Drs Hadi Prayitno M.Kes, mengaemukakan, banyaknya kasus penculikan anak dan balita di Indonesia diduga berkaitan dengan perdagangan organ tubuh manusia.

"Terkadang aparat penegak hukum kesulitan untuk membuktikan hal itu karena jaringan perdagangan organ tubuh sangat rapi dan tertutup," katanya.

Kendati demikian, isu yang berkembang tentang kemungkinan penjualan organ tubuh dari kasus-kasus penculikan atau anak hilang itu perlu ditelusuri lebih lanjut, karena hal itu membuat masyarakat yang memiliki anak menjadi khawatir.

Ia menjelaskan, perdagangan organ tubuh manusia disebabkan berbagai faktor antara lain jumlah pasien yang memerlukan donor organ tubuh itu tidak sebanding dengan jumlah warga yang menjadi pendonor, dengan merelakan organnya dipakai orang lain setelah sang donor meninggal.

Penduduk yang paling banyak bersedia menjadi donor berada di negara-negara Eropa, yang rata-rata 12 persen penduduknya memiliki kartu donor. Timpangnya jumlah permintaan organ tubuh dibandingkan dengan jumlah pasien inilah yang kemudian menyuburkan praktek ilegal jual-beli organ tubuh.

"Banyak modus jual beli organ tubuh yang dilakukan oleh sejumlah pihak di antaranya seseorang menjual organ tubuhnya karena terdesak kebutuhan ekonomi, seseorang mencari donor organ tubuh dengan cara menipu, dan diduga sejumlah kasus pembunuhan ditengarai berkaitan erat dengan tujuan mengambil organ tubuh korban, kemudian dijual," katanya.

Selain itu, modus lain yang bisa dilakukan oleh pelaku perdagangan organ tubuh adalah pencurian organ tubuh melalui adopsi dan perdagangan manusia (trafficking) dengan membujuk anak-anak bekerja ke luar negeri secara ilegal untuk dijadikan sasaran penjualan organ tubuh.


"Secara moral, perdagangan organ tubuh melanggar martabat manusia dan HAM. Namun, mendonorkan organ tubuh diperkenankan dengan syarat-syarat tertentu," kata dosen Ilmu Kesejahteraan Sosial ini.

Menurut Hadi, Lembaga Bantuan Hukum Kesehatan pernah melansir dugaan praktek jual beli bayi untuk dimanfaatkan organ tubuhnya. Bayi tersebut dijual sebesar Rp3 juta hingga Rp 5 juta.

Pembeli bayi biasanya memelihara bayi tersebut hingga berusia tujuh tahun, kemudian mereka dibunuh dan organnya dijual hingga ratusan juta rupiah.

Ia mengemukakan, ada perangkat hukum untuk menjerat pelaku kejahatan jual beli organ tubuh itu, yakni Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan.

"Pasal 33 ayat (2) undang-undang itu menyebutkan, transplantasi organ dan atau jaringan tubuh serta transfusi darah dilakukan hanya untuk tujuan kemanusiaan dan dilarang untuk tujuan komersial," ungkpanya.

Pelanggaran terhadap pasal itu diancam dengan hukuman penjara maksimal 15 tahun dan denda maksimal Rp300 juta. Namun, belum ada penjelasan secara rinci tentang apa yang dimaksud dengan kemanusiaan dan definisi komersialisasi itu, sehingga aparat penegak hukum kesulitan mengungkap hal tersebut.

Di Kabupaten Jember, kata dia, belum pernah ditemukan kasus penjualan organ tubuh karena biasanya perdagangan organ tubuh berada di kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta. Namun, tidak menutup kemungkinan peluang terjadinya jual beli organ tubuh yang dilakukan sejumlah pihak melalui sindikat perdagangan organ tubuh di kota tembakau ini.

"Jember merupakan 'kantong' tenaga kerja Indonesia (TKI), sehingga kemungkinan pahlawan devisa Jember bisa jadi menjadi korban perdagangan organ tubuh melalui sindikat internasional," ucap Hadi.

Kasus perdagangan anak yang terjadi di Jember, bukan tidak mungkin menjadi peluang sejumlah pihak yang ingin menikmati keuntungan besar dengan melakukan transaksi jual beli organ tubuh anak tersebut kepada seseorang yang kaya dan mampu membeli organ tubuh itu dengan harga mahal.

"Penjualan organ tubuh seperti itu memang tidak bermoral dan melanggar HAM, namun masih saja ada pihak yang melakukan jual beli organ tubuh. Hal ini sungguh tragis," tuturnya lirih.


Jurnal kesehatan "The Lancet" menyebutkan, harga ginjal di pasaran mencapai 15.000 dolar AS. Sepotong hati manusia harganya mencapai 130.000 dolar AS, sama dengan harga sebuah jantung. Sedangkan harga paru-paru bisa mencapai 150.000 dolar AS.

Tinggi rendahnya harga sejumlah organ tubuh manusia sesuai dengan mekanisme pasar, yakni semakin besar permintaan, harganya semakin mahal.

Diperkirakan jutaan orang mengantre untuk mendapatkan transplantasi organ tubuh, seperti jantung, ginjal, dan hati. Di Indonesia, diperkirakan ada 70.000 penderita gagal ginjal kronis yang membutuhkan cangkok ginjal. Sedangkan di Jepang terdapat 11.000-an penderita gagal ginjal.





14 komentar:

Unknown mengatakan...

Mode in committing crimes in this country increasingly diverse and well-organized. The perpetrators who want to get the coffers rupiah quickly and not least of all the methods , even with the buying and selling of human organs .
judi togel singapura terbesar

michele wijaya mengatakan...

Halo Bossku ^^
Segera Daftarkan ID di ibu21,com
Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
Serta Tersedia Promo Menarik
Bonus Turn Over Terbesar
Bonus Refferal Seumur Hidup
Minimal Deposit Hanya 25Rb
BBM : csibuqq
WA : +855 88 780 6060
Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

Dr. louis mengatakan...

Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda?
Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda demi uang karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu harus berbuat apa?
Kemudian hubungi kami hari ini melalui dr.louisclinic@gmail.com dan kami akan menawarkan jumlah yang baik untuk Ginjal Anda karena kami sangat membutuhkan ginjal di klinik kami atau hubungi +918704214690
WhatsApp: +15172342545
Email: dr.louisclinic@gmail.com
Harga: $450,000USD

Doctor Michael mengatakan...

Bunga
Ini untuk memberi tahu masyarakat umum, pria atau wanita yang sehat dan
100% serius dalam menjual ginjal Anda harus segera berkomunikasi dengan Dr. Michael
Rumah Sakit .. Email; doctormichaelapa007@gmail.com Karena kita punya banyak
Dari pasien yang membutuhkan transplantasi ginjal saat ini
Mencari peluang untuk menjual ginjal Anda demi uang karena masalah keuangan.
Kami membusuk dan membeli ginjal Anda seharga € 800.000 per euro.
Ginjal
Dan kami juga memiliki bantuan obat Vib / Vibro 11 yang dapat dipertahankan atau disimpan untuk waktu lama

Email kami sekarang.

EMAIL; Doctormichaelapa007@gmail.com

WhatsApp:
+1(304)516-8789

Salam tulus

Michael

UROLOGY mengatakan...

Dear Sir / Madam,
Ini untuk menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa PRADHAN UROLOGIST
rumah sakit secara serius dan mendesak mencari donor ginjal yang sehat
yang 100% serius menjual ginjal mereka dengan harga $ 780.000 USD
mohon donatur yang tertarik harus menghubungi email kami:
"DR.PRADHAN.UROLOGIST.LT.COL@GMAIL.COM"
atau hubungi +91424323800802, +447031993891.
Anda juga dapat menghubungi kami di kantor pusat kami di no. 23 kata luke road delhi-india baru.
    kami berjanji Anda kepuasan maksimal dan kami menunggu Anda mendesak
kepatuhan sebagai pasien harga diri kami serius menunggu ginjal
transplantasi
Salam.

dr ameer mengatakan...

Halo semuanya
Apakah Anda tertarik untuk menjual ginjal Anda ke rumah sakit yang tepat karena
krisis keuangan, kabar baik untuk Anda, saya adalah satu dalam situasi itu sampai saya
bertemu seorang teman yang memperkenalkan saya ke rumah sakit fortis, apakah saya menjual ginjal saya
untuk jumlah uang yang baik $ 520.000, saya senang lagi dengan hidup saya karena
kemiskinan adalah penyakitnya,
jika Anda tertarik, Anda dapat menghubungi rumah sakit di [
fortis.hospital.in@gmail.com] hanya mendapatkan mereka sangat serius dan mereka
perlu donor ginjal yang serius ingat email mereka
fortis.hospital.in@gmail.com,

marcus jefferson mengatakan...

Selamat siang semuanya,
Jual ginjal dan selamatkan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
neughrogist
dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
dapat membayar hutang Anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
600,000.00 $ ke atas. Semua donor yang tertarik harus menghubungi tim kami
informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
aplikasi?
2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami seperti yang kami mau
Yakin pastikan kami bekerja dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda
nikmati berbisnis dengan kami

Email: dralexspeciallist@gmail.com

Dr.elvis mengatakan...

Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? atau Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena kehancuran keuangan dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan Anda jumlah yang baik untuk Ginjal Anda. Nama saya (Dokter Elvis Whyte) adalah seorang Phrenologist di rumah sakit kami, saya mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga berurusan dengan pembelian dan transplantasi ginjal dengan hidup donor yang sesuai. Hubungi Email: doctorelviswhyte@gmail.com atau whatsapp us +2347083629144 untuk informasi lebih lanjut

Dr. louis mengatakan...

Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda?
Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda demi uang karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu harus berbuat apa?
Kemudian hubungi kami hari ini melalui dr.louisclinic@gmail.com dan kami akan menawarkan jumlah yang baik untuk Ginjal Anda karena kami sangat membutuhkan ginjal di klinik kami atau hubungi 918704214690
email: dr.louisclinic@gmail.com
whatsapp: 1- (725) 2017759
Harga: $450,000USD

Unknown mengatakan...

Apakah Anda berhutang? Apakah Anda perlu mengumpulkan uang tunai untuk biaya perawatan kesehatan atau
membayar hutang atau dalam kondisi keuangan rusak?
Tunggu! Pertimbangkan menjual ginjal Anda sebagai Opsi. Seperti yang kita punya banyak
pasien yang mendengar untuk transplantasi ginjal,
Apakah Anda mencari peluang untuk menyumbangkan ginjal Anda dan kami akan melakukannya
menawarkan $ 800.000,00 USD untuk satu Ginjal Anda.
Nama saya Dr Paul. Saya seorang Nephrologist di rumah sakit pendidikan UBTH,
Rumah sakit kami mengkhususkan diri dalam Bedah / transplantasi ginjal
dan perawatan organ lainnya, mereka juga berurusan dengan pembelian dan
transplantasi ginjal dengan donor yang hidup dan sehat.
Jika Anda tertarik untuk menyumbangkan ginjal Anda, jangan ragu untuk melakukannya
hubungi kami melalui: whatsapp: +2349036726424

atau

Email: drpaulalexspecialist@gmail.com.

Dr Raymond mengatakan...

Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau ingin menjual ginjal Anda?
Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda untuk mendapatkan uang karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan kepada Anda sejumlah uang untuk Ginjal Anda. Nama saya Dokter Raymond seorang Ahli Nefrologi di rumah sakit klinik UBTH. Klinik kami mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor yang hidup. Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia, dan Inggris. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email. Email: drkennethraymond@gmail.com atau drkennethraymond@outlook.com (Adamfred24@gmail.com) whatsapp 17022133132


kami menunggu tanggapan mendesak Anda

drkennethr Salam Hormat


  Dr Raymond.

Miss lummom mengatakan...

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seorang dokter medis yang luar biasa dalam pribadi Dr Collins Raphael yang telah membuat keluarga saya dan saya bangga dengan kepercayaan dan urgensi, ia membeli salah satu ginjal saya untuk pasiennya dengan jumlah uang yang luar biasa dalam dolar, saya menemukan alamat email di internet sebagai doctorcollins3@gmail.com diterbitkan oleh satu Michel dan Lopez berterima kasih padanya dan mengatakan kepada dunia tentang bagaimana dia datang untuk menyelamatkan mereka secara finansial sebagai akibat dari membeli ginjal mereka tanpa stres, saya segera mendaftar melalui email dan saya diberikan semua perhatian yang saya butuhkan oleh Dokter dalam waktu kurang dari seminggu saya memenuhi semua persyaratan, dan setengah uang saya seperti mimpi ketika masuk ke rekening bank saya sebelum transplantasi, saya mendorong Anda untuk menghubungi Dr.Collins melalui; doctorcollins3@gmail.com untuk kemahiran keuangan Anda untuk datang seperti milik saya beberapa bulan yang lalu. Saya berjanji untuk melakukan ini ketika saya akhirnya berhasil.
doctorcollins3@gmail.com atau WhatsApp Number +254750078353.
Saya Alaml.Musa
Dari Indonasia.

Miss lummom mengatakan...

Apakah Anda menantikan untuk membeli untuk menyelamatkan kehidupan teman dan anggota keluarga. Apakah Anda Mempertimbangkan atau ingin menjual ginjal Anda karena gangguan keuangan? Atau Anda perlu mengumpulkan uang tunai untuk biaya perawatan kesehatan atau membayar utang atau harga yang baik? Ini adalah peluang untuk menjual seharga $ 900.000,00 dolar? Kirim pesan kepada kami hari ini secepat mungkin. Saat ini kami sedang membeli dan menjual Ginjal. Rumah Sakit kami juga berspesialisasi dalam Bedah Ginjal dan hati dan saat ini kami bekerja sama dengan rumah sakit internasional lainnya untuk Pembelian dan penjualan Ginjal sehat, dengan donor yang masih hidup dan yang sesuai. Kami berlokasi di India, Kanada, Inggris, Pakistan, Cina, Chili Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Thailand, Columbia dll.
Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk melakukannya
Hubungi kami melalui Email: doctorcollins3@gmail.com WhatApp via +254750078353
Donor / Jual / Pembeli Asli Dibutuhkan
Salam Hormat….
Dr Collins.

DEBY FINANCING LOANS COMPANY mengatakan...


I am a private money lender and Investor, Do you need a legit, honest, reputable and quick loan? I can help you with 100% guarantee loan, I am offering business and individual loan, More also we finance all kind of projects. Waiting to hear from you to enable us send you the loan application form or for more details contact


CONTACT LENDER COMPANY:

C.E.O. Deby Johnson.
loanoffer@debyfinancingloans.com
debyfinancingloans@gmail.com
Whatsapp Number: +447459797459
Whatsapp Number: +918375004762
DEBY FINANCING LOANS COMPANY

Posting Komentar

 

© Street Art Copyright by aneez's blog | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowtoTricks